twitter
rss

1. Siswa mampu memahami pengertian ekosistem beserta komponen yang mendukungnya

2. Disajikan sebuah rantai makanan, siswa dapat menyebutkan peran dari salah satu komponen dalam rantai makanan tersebut
3. Siswa dapat menyebutkan akibat dari kegiatan manusia yang mengganggu ekosistem
4. Disajikan sebuah ilustrasi beberapa kegiatan manusia. siswa dapat menentukan kegiatan manusia yang mengganggu ekosistem
5. Disajikan sebuah ilustrasi kegiatan manusia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem, siswa dapat meramalkan akibat yang terjadi dari aktivitas yang dilakukan oleh manusia tersebut
6. Disajikan sebuah gambar hewan tertentu, siswa dapat menentukan bagian tubuh hewan tersebut yang dapat dimanfaatkan 
7. Disajikan beberapa bagian tubuh hewan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, siswa dapat menentukan hewan yang dimaksud
8. Siswa dapat menemukan pasangan yang tepat antara hewan, bagian tubuh yang diambil, dan manfaatnya berdasarkan tabel
9. Siswa dapat menentukan kayu yang sangat kuat berdasarkan gambar yang dapat dimanfaatkan sebagai jembatan dan atap rumah
10. Siswa dapat menentukan jenis tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik
11. Siswa dapat menyebutkan manfaat yang dapat diambil dari tanaman tertentu
12. Siswa dapat menyebutkan beberapa tumbuhan yang diambang kepunahan
13. Siswa dapat menyebutkan tumbuhan tertentu yang diambang kepunahan dan endemik di suatu daerah tertentu
14. Siswa dapat menyebutkan tumbuhan langka  tertentu berdasarkan ciri-cirinya
15. Siswa dapat menyebutkan habitat tumbuhan langka tertentu berdasarkan ciri-cirinya
16. Siswa dapat menyebutkan nama tumbuhan langka berdasarkan ciri yang dimilikinya
17. Siswa dapat menyebutkan nama tumbuhan langka berdasarkan kegunaannya yang khas
18. Siswa dapat menunjukkan habitat tumbuhan berdasarkan sajian tabel
19. Siswa dapat menyebutkan faktor penyebab kelangkaan hewan dan tumbuhan tertentu
20. Siswa dapat menyebutkan langkah penyelamatan bagi hewan dan tumbuhan langka
21. Siswa dapat menggelompokkan beberapa hewan langka berdasarkan gambar
22. Siswa dapat menggelompokkan hewan langka beserta faktor penyebab kelangkaannya
23. Siswa dapat menunjukkan tempat penyelamatan hewan langka beserta hewan yang diselamatkan
24. Siswa dapat menunjukkan habitat beberapa hewan langka dalam suatu kelompok
25. Siswa dapat menentukan bagian tubuh hewan langka yang sering diambil manusia beserta manfaatnya
26. Siswa dapat menentukan jenis hewan langka berdasarkan tempat penangkarannya
27. Siswa dapat menunjukkan beberapa hewan langka berdasarkan habitat aslinya
28. Siswa dapat menentukan habitat asli hewan langka berdasarkan gambar
29. Siswa dapat memahami pelestarian hewan dan tumbuhan secara in situ dan ek situ
30. Siswa dapat menentukan bagian tumbuhan langka yang dimanfaatkan untuk penyedap masakan
31. Siswa dapat menyebutkan tumbuhan langka tertentu berdasarkan habitatnya
32. Siswa dapat menyebutkan salah satu jenis tumbuhan langka yang bermanfaat sebagai penyerap karbon yang baik
33. Siswa dapat menuliskan manfaat tumbuhan langka berdasarkan sajian gambar
34. Siswa dapat menuliskan tumbuhan langka berdasarkan sebutan yang lazim
35. Siswa dapat menuliskan manfaat tumbuhan untuk pengobatan
36. Siswa dapat menyebutkan 3 taman nasional beserta hewan yang berada di dalamnya
37. Siswa dapat menjelaskan pelestarian secara in situ dan ek situ beserta contoh
38. Siswa dapat menyebutkan bagian tumbuhan palem-paleman beserta manfaatnya
39. Siswa dapat menyebutkan beberapa hewan yang diambang kepunahan beserta manfaatnya
40. Siswa dapat menjelaskan pengaruh penggunaan DDT di sawah dengan kematian biota air di sungai
 

0 komentar:

Posting Komentar